“Welcome to Batam”, Selamat Datang Dari Masyarakat Batam.

Selain Jembatan Barelang, ada satu lagi ‘icon’ kota Batam yang terkenal, Bukit “Welcome to Batam”, yang sempat terancam rubuh.

Welcome to Batam

Tulisan Welcome to Batam” ini terdapat di Bukit Clara, Batam Centre. Berjarak kurang lebih 300 meter dari dataran Engku Putri, yang juga berdekatan dengan Kantor Wali Kota serta Mesjid Agung kota Batam.

Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Yusfa Hendri mengatakan, tulisan “Welcome to Batam” tersebut merupakan landmark baru Kota Batam. Tulisan tersebut menurutnya salah satu daya tarik untuk menyambut Wisatawan yang baru tiba di Kota Batam. Tulisan berwarna putih itu dapat terbaca dari Teluk Tering, Batam Centre.

©2016 Andri C
Untuk memperindah di sekitar tulisan, Pemko Batam akan menambah lampu, pagar serta taman di sekitar lokasi tulisan itu. Kelak, lokasi tersebut dapat menjadi tempat rekreasi bagi warga Batam maupun Wisatawan yang ada di kota ini.
“Jika pengerjaan tamannya sudah selesai, warga Batam yang bermain di sana dapat berfoto-foto dengan latar belakang tulisan Welcome to Batam,” kata Yusfa.

Proyek ini menurutnya dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp. 472,4 juta yang dianggarkan dalam APBD Kota Batam melalui Dinas Tata Kota. Katanya, pembuatan tulisan besar itu juga merupakan bagian dari agenda pemerintah untuk memperkenalkan Batam, termasuk bagian untuk mendukung visit Batam 2010.

Masjid Agung Welcome to Batam
Masjid Agung yang tak jauh dari bukit WTB

Pembuatan tulisan besar ini merupakan bagian dari agenda pemerintah untuk memperkenalkan Batam, juga dimaksudkan untuk mempercantik kota sekaligus sebagai ucapan selamat datang dari Pemko Batam dan Masyarakat kepada Wisatawan yang berkunjung ke Kota Batam.
“Kita sengaja membangun simbol kota itu di atas bukit Klara karena menghadap langsung ke Terminal Feri Internasional Batam Centre. Setiap wisatawan yang datang akan dapat melihat langsung tulisan tersebut. Dan dengan tulisan itu kita bisa menyapa para wisatawan yang baru tiba dari luar negeri,” ujar Yusfa.

©2016 Andri C

Sayangnya, Oktober 2014 lalu Monumen ini terancam longsor karena proyek dari salah satu PT yang melakukan pengerukkan Bukit Clara, tempat monumen ini berdiri. Namun akhirnya, November 2014, Pemerintah Kota Batam dan PT tersebut sepakat untuk menghentikan selamanya proyek pengerukan bukit Clara tersebut.

Welcome to Batam ©2016 Andri C

Tulisan “Welcome to Batam” berukuran sekitar 6 meter dan tinggi 10 meter, dikerjakan oleh PT Hadi Lestari. Setiap huruf dalam simbol kota itu berukuran 10 m kali 5 m, dan tulisan berada di ketinggian 52 meter di atas air laut saat pasang tertinggi. Tulisan “Welcome to Batam” mempunyai panjang huruf dari ‘W’ sampai ‘M’ mencapai 120 meter, lebar huruf ‘W’ dan ‘M’ sama-sama 10 meter dan lebar huruf lainnya 6 meter. Untuk berat huruf ‘W’ mencapai 4,5 ton, sedangkan ‘E’, ‘M’ dan ‘B’ masing- masing mencapai 4 ton, dan ‘L’, ‘C’, ‘O’, ‘T’, ‘B’ dan ‘A’ mencapai 3 sampai 3,5 ton.
 

Masjid Agung Batam

📰Sumber: Humas Batam, Tribun Batam, Tribun Batam.
📷Foto: © Andri Cahyono.
🎥Video: © Muhammad Hakim Al Hikmah.

Iklan

2 respons untuk ‘“Welcome to Batam”, Selamat Datang Dari Masyarakat Batam.

Add yours

  1. kata orang luar batam ,mereka lebih tau icon welcome to batam daripada jembatan barelang gan hehehe itu sih kata temen2ku yg di jakarta ,mungkin karena icon itu berada di tengah kota

    salam kenal gan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: